Minggu, 05 Februari 2017


.

Aneka Kuliner Purbalingga yang Melegenda

Purbalingga  memiliki julukan kota perwira, tempat dimana kita bisa menemukan industri bulu mata dan knalpot terbesar di Indonesia. Orang-orang di daerah ini, menggunakan  bahasa dan logat ngapak, seperti ungkapan "Ora Ngapak Ora Kepenak ".
Objek wisata menarik di Purbalingga antara lain:  Owabong, Kebun Strawberry Pratin, Taman Reptil, Musium uang, Aquarium Raksasa Purbayasa dan salah satu wisata terbaru yang sedang booming di Purbalingga yaitu Bukit Wringin di Desa Penusupan Rembang.

Tak hanya objek wisata yang menarik untuk dikunjungi Purbalingga juga punya kuliner-kuliner yang sudah melegenda dan tak boleh di lewatkan, ketika berkunjung ke kota ini diantaranya: 
1. Es Durian Pak Kasdi Bancar.
Di Purbalingga siapa yang tak kenal es durian kombinasi Pak Kasdi, warung es durian  ini memang tak ada duanya,  rasanya yang legendaris pun tak ayal membuat setiap orang yang berkunjung ke Purbalingga selalu mampir untuk mencicipinya. Es durian disuguhkan dalam satu mangkuk penuh dengan daging durian yang sangat harum dan enak, ditambah dengan gula jawa yang akan memberikan rasa manis yang menggoda. Es durian Pak Kasdi juga menggunakan santan yang akan menambahkan gurih dan segar pada airnya, selain itu terdapat topping susu kental manis dan coklat yang  dijamin akan menambah kesegaran es durian.

2. Gule Melung Bu Hadi
Purbalingga juga punya satu olahan daging kambing yang sudah terkenal, bernama gulai melung. Bagi penggemar olahan daging kambing  harus coba gulai  yang satu ini.  Berbeda dengan gulai di tempat lain,  gule melung Bu Hadi memiliki cita rasa yang khas, daging yang empuk yang disajian terpisah dengan kuah yang kaya rempah.

3. Soto So Bojong
Kawasan Banyumas memang memiliki banyak sekali varian soto yang lezat dengan ciri khas bumbu kacang yang gurih, salah satunya ada di Purbalingga. Soto so adalah satu varian soto yang terkenal di Purbalingga.
So dalam bahasa Jawa atau bahasa Banyumasan berarti daun melinjo. Soto so memang menggunakan daun melinjo sebagai sajian khas nya, daun melinjo yang masih muda direbus dengan kuah soto akan memberikan kesegaran dan aroma khas yang tiada duanya, isi dari soto so ini berupa ketupat, kerupuk kecambah,  soun, Muncang dan tentu saja daging ayam atau sapi di mana pelanggan bisa memilihnya sesuai selera. Ketika disajikan, pelanggan akan mendapati satu mangkok daun so yang telah direbus, yang tentunya rasa soto ini tidak diragukan lagi nikmatnya.

4. Soto Misdar
Masih dengan kuliner soto,  Purbalingga masih memiliki kuliner soto yang sudah melegenda yaitu soto Misdar. Soto Misdar sudah  tidak diragukan lagi kelezatannya dengan  campuran ketupat, soun, kecambah, dan daun bawang yang ditaburan potongan daging sapi atau ayam yang pasti sangat lezat. Daging ayamnya sangat banyak dan daging sapinya pun sangat empuk yang disiram dengan kuah santan yang memiliki rempah yang khas, akan membuat soto Misdar semakin buket dan gurih. Siapa yang bisa menahan godaan soto misdar yang lezatnya?

5. Sate Yani
Kuliner sate memang sudah menjamur di mana-mana bahkan, di setiap sudut kota di Pulau Jawa memiliki warung sate dengan ciri khas masing-masing. Di Purbalingga ada warung sate yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Warung sate ini bernama sate  Yani. 
Sate Yani selalu menggunakan kambing muda yang berumur kurang dari tiga bulan yang diolah dengan bumbu khusus dan disajikan di atas hot plate bisa dibayangkan lezatnya? Empuk dan bumbunya yang meresap pasti membuat semua orang ingin kembali lagi untuk menikmati nya. Sate Yani hanya menggunakan kambing yang berasal dari desa Kejobong yang sudah terkenal kualitasnya, dan setiap harinya membutuhkan lima sampai enam ekor kambing untuk memenuhi hasrat pelanggan akan kelezatan sate Yani. Penasaran dengan lezatnya? langsung saja kunjungi warung sate Yani yang melegenda di Purbalingga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar