SELAIN
SEBAGAI ARENA TUKAR RASA PENGALAMAN DAN MEMECAHKAN MASALAH PEMBELAJARAN, KKG
JUGA MERUPAKAN TEMPAT BERSILATURAHMI
Oleh : Musriah, S.Pd.SD
Guru SD Negeri 1 Brecek
UPT Dinas pendidikan Kecamatan Kaligondang
Tak kenal maka tak sayang, tidak saling
bertemu maka juga tak akan kenal satu sama lain. Hal ini sangat penting bagi
kita sebagai guru untuk saling kenal akrab dan membutuhkan satu sama lain.
Untuk ini maka setiap guru memerlukan suatu wadah atau organisasi kegiatan guru
untuk saling bertemu saling mengisi saling melengkapi .KKG lah tempat untuk
guru saling bertemu dan kenal satu sama lain. ( Kelompok Kerja guru ( KKG )
merupakan arena tukar rasa pengalaman dan memecahkan masalah pembelajaran yang
dihadapi oleh guru dan sebagai tempat penyebaran informasi dan komunikasi
perubahan bidang pendidikan. Bagaimana kita bisa tukar rasa pengalaman jika
tidak ada tempat untuk mengakrabkan diri. Maka KKG lah salah satu arenanya.KKG
juga merupakan tempat untuk bersilaturahmi dengan guru yang lain.
Selain itu Kelompok Kerja Guru juga
memberikan kesempatan kepada guru yang berpotensi untuk mengembangkan
kreatifitas dan berbagai kemampuan serta wawasan pengetahuan dengan teman
sejawat, dalam proses sertifikasi guru, hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan
Nasional adalah “ mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia
Indonesia seutuhnya yang berkualitas , terampil, dan bertagwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa”.Untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional dengan kegiatan peningkatan
mutu pendidikan ini, salah satu usaha yang harus dilakukan adalah meningkatkan
mutu profesionalisme guru sebagai tenaga pengajar yang dapat menjamin mutu
pendidikan secara sistimatis dan berkelanjutan.Guna mewujudkan ini salah
satuhal penting yang sedang dan akan terus dilakukan adalah kegiatan kelompok
kerja guru yang ada di gugus atau kecamatan.
Jika seorang guru mau menghadiri acara
kegiatan KKG maka selain bersilaturahmi dengan teman guru yang lain, dirinya
akan mendapatkan manfaat yang besar sekali, bisa saling melengkapi, mengisi dan
ikit memecahkan permasalahan pembelajaran teman lain. Dan jika dirinya
mempunyai permasalahan yang ia temukan dikelas saat pembelajaran, maka ia bisa
menyampaikan di forum KKG dengan maksud teman guru yang lain membentu memecahkan
permasalahannya.
Lebih dari itu KKG juga memberdayakan guru
pemandu Mata Pelajaran atau kelas. Jika ada guru yang mempunyai masalah dalam
penyamp[aian pembelajaran Mata pelajaran tertentu, maka guru pemandu akan turut
serta memecahkan permasalahannya.
Dengan adanya
Kelompok Kerja Guru ( KKG ), hasil yang diharapkan antara lain :
1.
Guru
dapat mengelola kelas sebagai managirial dan akademis.
2.
Dapat
membuna hubungan timbal balik dengan guru dari sekolahan lain.
3.
Kompetensi
guru akan meningkat menuju sertifikasi guru profesional.
4.
Menciptakan
kebersamaan untuk saling memberi dan menerima demi peningkatan mutu pendidikan.
5.
Tempat
menyebarluaskan informasi dan tukan rasa pengalaman pembelajaran.
6.
Menguasai
dan mampu mengimplementasikann Kurikilum Tingkat Satuan Pendidikan / KTSP.
7.
Memiliki
kemampuan dalam menyampaikan PAKEM , pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan
menyenangkan.
Dengan melihat dari hasil yang diharapkan
dari KKG, maka kita bisa mengetahui betapa pentingnya saling kenal dan akrab
dengan guru yang lain, sehingga bisa bekerja sama untuk saling memecahkan
kesulitan yang dihadapi oleh masing – masing guru.. Pada Intinya Kegiatan
Kelompok Kerja Guru membutuhkan adanya kerjasama yang baik antar guru,
kerjasama akan terjalin jika adanya saling terbuka atas permasalahan yang
dihadapi masing – masing guru, Kita akan saling terbuka jika sudah mengenal
dengan baik satu sama lainnya.
KKG selain arena untuk memecahkan
permasalahan pembelajaran juga merupakan tempat untuk bersilaturahmi satu sama
lain. Jika silaturahmi terjalin dengan baik maka akan mendudkung keberhasilan
tujuan Kelompok Kerja Guru ( KKG ). Dimana tujuan KKG salah satunya adalah
pemecahan masalah yang ditemukan guru pada saat mengajar dan disampaikan di
forum KKG dengan maksud untuk diselesaikan bersama sama dengan guru yang lain.
Jika silaturahmi terjalin baik maka penyampaian masalah dan pemecahan masalah
pembelajaran juga akan berhasil dengan baik yang kemudian bisa diterapkan pada
pembelajaran di kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar