DAKON MOTOR PRIMA
DAKON MOTOR PRIMA
Pembutan alat peraga Matematika Sekolah Dasar “Dakon Motor
Prima” dengan
tujuan adalah sebagai berikut :
- Untuk memenuhi kompetensi dasar dan indikator pembelajaran Matematika yaitu menentukan KPK dan FPB
- Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Matematika
- Menerapkan pendidikan karakter pada peserta didik, seperti: kerjasama, kerja keras, mandiri, tanggung jawab, rasa ingin tahu, menghargai prestasi
Manfaat pembuatan
alat peraga Matematika Sekolah Dasar “ Dakon Motor
Prima”
1.
Bagi Pendidik
a.
Untuk
meningkatkan profesionalisme sebagai
seorang pendidik,
b.
Untuk
mengembangkan kreatifitas guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung,
2.
Bagi Siswa:
a.
Agar peserta
didik menjadi lebih kreatif dan
inovatif,
b.
Agar peserta
didik mampu menyelesaikan soal –
soal yang berhubungan dengan menentukan KPK dan FPB
D. Rancangan atau Desain Pembuatan
Bahan –
bahan yang dipergunakan dalam pembuatan alat peraga Matematika Sekolah Dasar “Dakon Motor Prima” yaitu sebagai berikut:
Alat dan Bahan:
1. Triplek ukuran 50 cm x 20 cm
2. Bola warna buah 20 buah. Setiap satu
buah dibelah jadi 2 bagian.
3. Lem Fox 1 botol
4. Kertas HVS 2 lembar
5. Biji-bijian misalnya biji pohon
asem, sawo, batu kerikil atau kapur, secukupnya
6. Gunting .
7. Pisau / Cutter 8.
8. Penggaris
9. Pensil
10. Spidol
11. Gergaji
E.
Teknik Pembuatan
Alat
peraga Matematika Sekolah Dasar “Dakon Motor
Prima ” ini cara
pembuatannya adalah sebagai berikut:
1.
Menyiapkan semua alat dan bahan
2.
Menyiapkan triplek ukuran 50 cm x 20 cm
3.
Mengukur letak ditempelkannya kertas yg bertuliskan
angka faktor prima di mulai dari faktor 2,3,5,7,11,13,17,23,29,dan seterusnya
tergantung keperluan di barisan paling atas dari alas, dengan ukuran 3 cm x 3
cm (bisa disesuaikan dengan keinginan).
4.
Membuat persegi panjang dengan ukuran 6,5 cm x 5 cm di
atas kertas HVS dan menuliskan angka-angka tersebut di dalamnya dengan
menggunakan spidol ataupun melalui komputer, gunting dan tempelkan di atas alas
secara horizontal / mendatar.
5.
Potong karton tebal sepanjang angka-angka tersebut
(138 cm) dengan lebar 5 cm (lubang bola) sebanyak 63 potong (bisa lebih sesuai
keperluan) dengan menggunakan pisau atau cutter.
6.
Menempelkan salah satu karton tebal yang telah di
oleskan bagian tebal karton terlebih dahulu dengan lem dalam keadaan tegak pada
bagian bawah kertas HVS sepanjang angka tersebut sebagai pembatas antara angka
dengan lubang bola.
7.
Membagi 63 buah cetakan agar-agar dalam 3 baris,
masing-masing baris sebanyak 21 buah (bisa dibuat sesuai kebutuhan
bilangan yang mau dihitung dengan cara menambah lubang bola, baik yang memanjang
maupun yang membujur).
8.
Mengoleskan lem pada bagian bawah 21 lubang bola dan
melekatkannya pada triplek alas sejajar dengan setiap angka.
9.
Mengulang langkah kerja 6 dan 7 sampai hingga
menghasilkan 3 baris horizontal cetakan bola.
10. Pada bagian
paling bawah baris terakhir, dibuat 3 buah wadah yang berukuran agak besar
sebagai wadah biji dakon. Bisa menggunakan cetakan bola yang lebih besar
ataupun dibuat sendiri dengan menggunakan potongan-potongan sisa karton tebal.
11. Diamkan
hingga lem benar-benar kering dan melekat.
F. Penggunaan Dakon Motor Prima di SD Negeri 1
Brecek
Dakon Motor Prima digunakan untuk menentukan KPK
dan FPB pada pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 1 Brecek.
Cara bermain dakon motor prima adalah sebagai
berikut:
1.
Pada awal permainan setiap lubang kecil
diisi dengan tujuh buah biji.
2.
Dua orang pemain yang berhadapan salah seorang
yang memulai dapat memilih lubang yang akan diambil dan meletakan satu kelubang
disebelah kanannya dan seterusnya.
3.
Bila biji habis di lubang yang kecil yang berisi lainnya, ia dapa
mengambil biji-biji tersebut dan melanjutkan mengisi.
4.
Bila habis di lubang besar miliknya maka ia dapat melanjutkan dengan memilih lubang
kecil di sisinya.
5.
Bila habis di lubang kecil di sisinya
maka ia berhenti dan mengambil diseluruh biji yang berhadapan
6.
Jika berhenti di lubang kosong sisi lawan maka
ia berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa.
7.
Permainan dianggap selesai bila sudah tidak
ada biji yang dapat diambil ( seluruh biji ada dilubang besar kedua pemain)
pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak.
bisa dimembantu mencari KPK dan FPB, anak lebih paham jika ada alat peraganya...siip
BalasHapus