Jumat, 20 Januari 2017

RENUNGAN DIRI


BERSYUKURLAH KITA MASIH DIBERI UJIAN


       Manusia hidup di dunai pasti diberi ujian oleh Alloh SWT atau Sang Pencipta.  Ujian manusia anatra lain di uji dengan kesusahaan, kesenangan, kekayaan, kemiskinan, kebodohan,  kepandaian dan lain-lain. Untuk mengetahui sejauh mana keimanannya,  manusia  diberi  ujian oleh sang pencipta sesuai dengan kadar keimanannya, oleh karena itu setiap waktu manusia selalu mendapat ujian dalam kehidupan.


            Pada awalnya manusia mengeluh ketika diberi ujian berupa kesusahan, kesedihan dan kehilangan orang yang dicintai namun pada akhirnya semua ujian itu justru mendekatakan manusia dengan Alloh SWT . untuk keluar dari ujian kesusahan dan penderitaan manusia berdoa, dan beriktiar agar bisa keluar dari penderitaan yang dialaminya, namun setelah permintaanya dikabulkan oleh Alloh SWT manusai menjadi lalai dan melupakan sang pencipta.
            Manusia yang diuji dengan kekayaaan, kemewahan dunia, kesenangan dan kebahagiaan bila mereka tidak beriman, manusia tersebut menjadi orang yang sombong dan angkuh. Mereka merasa apa yang dia dapatkan merupakan hasil kerjakersanya sendiri bukan rezeki dari Alloh SWT. Manusia yang diuji dengan kekayaaan, kemewahan dunia, kesenangan dan kebahagiaan cenderung lupa dengan sang pencipta, karena mereka disibukan dengan keduniawian.
            Ujian manusia sebenarnya sebagai sarana muhasabah intropeksi diri terhadap apa yang kiata perbuat, karena ujian bisa berarti teguran dari Alloh SWT atas dosa-dosa yang kita lakukan. Jika ujian tersebut merupakan sebuah teguran untuk kita maka yang harus kita lakukan adalalah dengan bertaubat kepada Alloh SWT. Namun bila ujian yang diberikan Alloh SWT merupakaan ujian untuk meningkatkan derajat keimanan kita kepada sang Pencipta maka yang harus kita lakukan adalah bersabar .
            Saya sebagai penulis memotivasi pada diri saya sendiri bahwa hidup hanya sekali, tidak ada manusia yang tidak diberi ujian oleh Alloh SWT, jadi harus sabar menetapi qodarnya Alloh SWT dengan selalu berbaik sangka kepadanya, belum tentu apa yang kita anggap baik, baik pula dimata Alloh SWT dan demikian pula sebaiknya. Jalani hidup yag  Cuma satu kali ini dengan selalu bertakwa kepada sang Pencipta, berbuat baik kepada sesama, menanamkan kebaikan, kedamaian, silaturahmi dan persaudaraan hidup kita jauh lebih indah dan bermakna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar