Kamis, 27 Oktober 2016

BUKU DIARY CERMIN " (CERITA MINI) UNTUK MELATIH BUDAYA LITERASI ANAK

Mengajarkan dan melatih budaya literasi anak  di SD Negeri 1 Brecek Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga, salah satunya dengan cara melakukan refleksi diri melalui buku diary yang berisi CERMIN ( cerita mini anak) yang dilakukan setiap hari oleh guru untuk membiasakan anak mengekpresikan diri dan mengembangakan potensi anak.


buku diary berisi rangkuman kumpulan kegiatan yang dialami anak setiap hari maksimal 50 kata seperti cerita mini. untuk mendisilinkan anak melatih kebiasaan menulis dan membaca maka guru kelas setaip akhir pelajaran guru memberikan motivasi dan menangapi apa yang di tulis anak dalam buku diary sehingga anak merasa diperhatikan.

kegaiatan litersi dengan membuat buku diary yang berisi cermin ( cerita mini) memberikan dampak positif kepada guru dan siswa. siswa bebas mengekpresikan potensinya melalui tulisan tanpa adanya tindakan kekerasan, sedangkan guru lebih mengenal bakat dan potensi anak dan tentunya guru lebih mengenal pribadi anak dengan segenap kegiatan yang telah anak rangkum dalam ceria mini di buku diary.

1 komentar: